Dosen IAT Mengisi Seminar Konsorsium Keilmuan

Sukoharjo- Kamis (9/3/2023)

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah menyelenggarakan Seminar Konsorsuim Keilmuan. Topik seminar adalah tentang ”Membedah Tafsir Robbana min Kalami Robbina”. Pemateri dalam seminar adalah Dr.H. Moh. Abdul Kholiq Hasan, M.A., M.Ed. Acara diselenggarakan di Aula Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari unsur dosen dan mahasiswa.

Dalam kesempatan tersebut, pemateri menyampaikan bahwa topik yang khusus diambil sebagai pembahasan utama adalah doa. Doa adalah sebuah aktifitas yang dilakukan oleh hampir semua makhluk, termasuk iblis. Perbedaan antara tafsir Robbana min Kalami Robbina dengan tafsir tematik lainnya adalah bahwa tafsir ini dilengkapi dengan analisis yang disajikan dalam 5 pembahasan. Pertama adalah biografi tokoh atau entitas pelaku doa. Kedua, teks doa. Ketiga, tafsir ayat doa yang bertema sama yang diambil dari berbagai buku tafsir para mufassir ternama. Keempat, mutiara kata dalam doa, dan kelima adalah living quran terkait dengan praktek penggunaan doa dalam kehidupan sehari-hari.  

Hubungan antara ayat-ayat doa dengan praktek doa dalam kehidupan manusia yang sudah mentradisi menjadi alasan bahwa mengkaji ayat-ayat doa masih sangat relevan untuk terus dilakukan, ” jawab Hasan menanggapi pertanyaan peserta seminar seputar relevansi kajian tafsir tafsir doa dalam kehidupan modern saat ini. Acara seminar ditutup dengan pembagian doorprize berupa buku Tafsir dan beberapa buku karya pemateri.

Red. Siti Fathonah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *